Program Studi Akuntansi

Junaedi Abdillah, Drs., S.T., M.Ak., MOS.
Ketua Program Studi Akuntansi

PROFIL PRODI AKUNTANSI

Di dunia bisnis, sering didengar ungkapan, “Akuntansi adalah bahasa bisnis.” Tapi, sebenarnya apa sih akuntansi dan apa pula pentingnya belajar akuntansi.

Kamu pasti pernah dengar akuntansi, paling tidak dari teman-teman kamu. Tapi apa sih sebenarnya akuntansi dan kenapa juga penting belajar akuntansi?

Akuntansi sering disebut sebagai bahasa bisnis. Artinya, di dalam bisnis, akuntansi berperan untuk menghasilkan informasi terutama keuangan, yang sering disebut sebagai laporan keuangan. Laporan keuangan ini dikomunikasikan kepada pimpinan puncak (top executives) perusahaan (ibarat sebuah bahasa).

Dengan laporan ini lah, top executive bisa menilai keberhasilan bisnisnya dan kondisi keuangannya saat ini. Dengan melakukan analisis atas informasi ini, top executive bisa memperbaiki strategi bisnisnya agar lebih kompetitif dan mencari sumber pendanaan untuk mendukung strategi baru tersebut.

Jadi kenapa sebenarnya belajar akuntansi itu penting? Dengan menguasai akuntansi, kita memegang peran penting dalam pengembangan bisnis. Karena itu, kita jadi punya banyak kesempatan untuk berinteraksi dengan pimpinan puncak perusahaan. Kalau kita cerdik (baca: cerdas karena terdidik), maka karir dan masa depan kamu akan terjamin.

Di Prodi Akuntansi PRAKTISI, kamu juga belajar dan praktek mengenai proses akuntansi mulai dari menyusun, menyajikan dan menganalisis laporan keuangan sebagai bekal agar mampu berinteraksi dengan top executives.

Prodi Akuntansi di PRAKTISI adalah adalah bagian dari Politeknik Bisnis Digital yang pertama di Indonesia yang memiliki misi untuk membantu usaha di Indonesia, terutama usaha menengah, dalam melakukan transformasi digital.

Jebolan Politeknik Bisnis Digital adalah akuntan yang “digital ready” atau Akuntan Digital. 

Akuntan digital dari PRAKTISI adalah talenta yang memiliki kompetensi digital yang dibutuhkan bisnis masa depan sebagai berikut:

  • paham mengenai bisnis digital dan kenal dengan teknologi yang berkembang di era digital;
  • terlatih menggunakan teknologi untuk bekerja secara kolaboratif di era digital;
  • mampu menerapkan teknologi untuk otomasi penyusunan laporan keuangan (accounting application);
  • mampu menggunakan teknologi untuk analisis data perusahaan (data analytics).
  • mampu mengintegrasikan sistem akuntansi dengan sistem informasi bisnis lainnya seperti pemasaran, keuangan, produksi dan sumberdaya manusia (integrated business application).
  • memahami pengembangan sistem informasi bisnis agar “digitally connected” dengan ekosistem bisnis digital untuk akuisisi pelanggan baru dan memberikan pelayanan yang lebih baik.

Di Prodi Akuntansi PRAKTISI, kamu akan belajar banyak tentang bisnis. Lulusan prodi akuntansi PRAKTISI adalah akuntan yang berwawasan luas, tidak hanya menguasai proses akuntansi tetapi juga paham bagaimana mengelola bisnis dengan baik supaya karirnya berkembang seumur hidup.

Pelajaran bisnis yang dipilih PRAKTISI adalah manajemen bisnis yang dekat dengan kehidupan kamu sehari-hari terutama di Bandung dan perkotaan lainnya yaitu, bisnis makanan & minuman, perhotelan, retail dan keuangan. Dengan begitu, kamu bisa instan kerja.

Program Studi Akuntansi

Dosen Akuntansi

AK - Junaedi
Junaedi Abdillah, Drs., S.T., M.Ak., MOS. adalah seorang pengajar yang telah meniti karir di Politeknik Praktisi Bandung. Pendidikan S1 pada Program Sarjana Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia dan Program Sarjana Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Ganesha, melanjutkan pendidikan S2 pada Program Pascasarjana Akuntansi Universitas Padjadjaran, saat ini sedang melanjutkan studi S3 Ekonomi Syariah pada Fakultas Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, dengan spesialisasi pengajaran di bidang Akuntansi dan Sistem Informasi Akuntansi.
AK - Rudiana

Rudiana, SE., Ak., M.Ak., CA., CPSAK., CPA adalah seorang pengajar yang telah meniti karir di Politeknik Praktisi Bandung. Pendidikan S1 pada Program Sarjana Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia dan Program Sarjana Akuntansi Universitas Padjadjaran, melanjutkan pendidikan S2 pada Program Pascasarjana Akuntansi Universitas Padjadjaran, dengan spesialisasi pengajaran di bidang Akuntansi dan Auditing.
AK - Wawan

Wawan Saputra, SE., M.Ak., Ak., CA adalah seorang pengajar yang telah meniti karir di Politeknik Praktisi Bandung. Pendidikan S1 pada Program Sarjana Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPKP, melanjutkan pendidikan S2 pada Program Pascasarjana Akuntansi Universitas Widyatama serta melanjutkan pendidikan profesi pada Program Pendidikan Akuntansi Universitas Widyatama dengan spesialisasi pengajaran di bidang Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Sektor Publik.
AK - Yulia


Yulia Ambasari, SE. M.Ak., Ak., CA adalah seorang pengajar yang telah meniti karir di Politeknik Praktisi Bandung. Pendidikan S1 pada Program Sarjana Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Baru, melanjutkan pendidikan S2 pada Program Pascasarjana Akuntansi Universitas Padjadjaran dengan spesialisasi pengajaran di bidang Akuntansi dan Auditing.
AK - Gallyn


Gallyn Ditya Manggala, S.Pd., M.Si adalah seorang pengajar yang telah meniti karir di Politeknik Praktisi Bandung. Pendidikan S1 pada Program Sarjana Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia, melanjutkan S2 pada Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi Universitas Padjadjaran dengan spesialisasi pengajaran di bidang Pengantar Ekonomi, Statistik dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah.
AK - Agus


Agus Priatna, Drs., MM.Pd adalah seorang pengajar yang telah meniti karir di Politeknik Praktisi Bandung. Pendidikan S1 pada Program Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia, melanjutkan S2 pada Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Sangga Buana dengan spesialisasi pengajaran di bidang Business English.
AK - Mulyadi


Mulyadi, SE., MM adalah seorang pengajar yang telah meniti karir di Politeknik Praktisi Bandung. Pendidikan S1 pada Program Sarjana Ekonomi Universitas Pasundan, melanjutkan S2 pada Program Pascasarjana Manajemen Universitas Padjadjaran dengan spesialisasi pengajaran di bidang Manajemen Akuntansi.
AK - Triadi


Triadi Iwan, SE., MM adalah seorang pengajar yang telah meniti karir di Politeknik Praktisi Bandung. Pendidikan S1 pada Program Sarjana Manajemen Universitas Winayamukti, melanjutkan S2 pada Program Pascasarjana Manajemen Universitas Winayamukti dengan spesialisasi pengajaran di bidang Manajemen Perusahaan.
loading...
WhatsApp chat