By Asep

Asep

Selasa, 21 Oktober 2014

IBM dan Fujifilm Kembangkan Tape Densitas Tinggi

Kedua perusahaan mengembangkan tape dengan kapasitas penyimpanan lebih besar untuk per satu satuan luasan.

lto cartridge

Di jaman harddisk yang mulai tergantikan oleh Solid State Drive (SSD) saat ini, peranti penyimpanan tape ternyata masih dipakai dan bahkan dikembangkan lagi. IBM bersama Fujifilm telah mengumumkan prototipe tape magnetik yang dapat menyimpan data lebih banyak daripada yang ada sekarang, yaitu 85,9 milyar bit data per inci persegi.

Tape tersebut bila digunakan pada cartridge LTO standar sekarang bisa menyimpan hingga 154 terabyte data. Kapasitas tersebut jauh lebih tinggi daripada cartridge LTO versi 6 yang sekarang dipakai dengan kapasitas hanya 2,5 terabyte.  Satu terabyte sama dengan 1.000 GB.

Densitas yang tinggi dicapai oleh Fujifilm dengan membuat partikel barium ferrite (BaFe) lebih halus. Sementara itu IBM menyempurnakan kontrol dari tape head servo sehingga dapat diposisikan di atas tape dengan akurasi skala nano. Akibatnya, ukuran track data menjadi lebih kecil dan satu luasan tape termuat lebih banyak track.

Selain itu, team dari kedua perusahaan juga mengembangkan algoritma signal-processing yang memungkinkan mesin tape menangkap data dengan kemampuan lebih tinggi. Yaitu memungkinkan penggunaan head baca GMR (giant magneto-resistive) 90-nanometer.

Mengapa peranti penyimpanan tape masih dikembangkan? Menurut IBM, tape masih merupakan medium yang lebih murah dan penggunaan energi yang lebih efisien dibandingkan dengan medium lainnya.

IBM belum menentukan kapan tape dengan teknologi baru tersebut dikomersialkan.

  Mitra  
  Peta Situs  
Best viewed with Mozilla Firefox And Google Chrome 5.x.x with 1024x768 resolution.